Tuesday 2 January 2018

Cerita Anak Kedaulatan Rakyat Yogyakarta

Anak Pedagang Sayur

Oleh Ceria Kristi Br Tarigan

Pagi itu Dimas terlambat sepuluh menit masuk sekolah. Hampir semua murid hafai itu. Akhir-akhir ini Dimas sering terlambat. Dimas si tukang terlambat, begitu julukan untuknya. Ia juga langsung memasuki ruang kelasnya itu.
“Maaf, Bu. Saya terlambat lagi,” kata Dimas mengaku salah.Sebenarnya Dimas sudah berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Untung saja Bu Sumi masih memebrikan izin masuk.
“Sudah berulang kali kamu terlambat. Kalau terus begini, kapan kamu disiplinnya. Kenapa kamu sering terlambat, Nak?tanya Bu Sumi penasaran. Wajah Bu Sumi mencari tahu alasan Dimas yang masuk akal. Tapi Bu Sumi tidak melanjutkan. Ia tak ingin membuat malu di depan teman teman.
“Baik, silakan duduk, Nak. Besok jangan terlambat lagi, ya,” pesan Bu Sumi lagi.
Esok pagi, lagi-lagi Dimas mengulangi perbuatannya. Wajah Bu Sumi semakin memerah, kesal kepada Dimas. Akhirnya Dimas mendapatkan hukuman membersihkan halaman sekolah. Lalu ketika bel istirahat, tampak Putri menghampiri Dimas yang duduk di bawah pohon rindang depan kelas mereka. Awalnya Putri tidak begitu akrab dengannya.
“Dimas, kenapa sih kamu sering terlambat?” tanya Putri penasaran. Apa kamu enggak malu, terlambat terus?”
“Enggak tahu,” jawab Dimas  sambil berlalu pergi.
Putri pun sebal sekali. Ia malah dicueki. Hmm..Ya sudah, kalau tak akan tanya-tanya lagi, gumam Putri dalam hati.
Sepulang sekolah, Putri dijemput oleh Ibunya. Kebetulan Ibunya bertemu dengan Dimas.
“Lho, Nak Dimas. Kamu teman sekolahnya Putri, ya? Wah tante baru tahu,” kata Ibu Putri. Putri terkejut.
“Ibu salut sama kamu, anak yang rajin,” puji Ibu Putri. Dimas mengganguk-angguk. “Iya, Bu. Mari, Bu,” kata Dimas dengan senyum ramah.
“Bu, kenapa sih kok puji-puji dia?” tanya Putri.
“Mungkin ia merahasiakannya, Nak. Kebetulan Ibu sudah langganan sayur-sayuran dengan Ibunya di pasar. Memang sudah dua minggu Dimas membantu Ibunya di pasar. Katanya, Ibunya kerepotan semenjak ayahnya meninggal. Biasanya Ayahnya yang membantu.”
“O.. begitu ya, Bu. Ternyata aku salah, “ jawab Putri menyesali perbuatannya.
“Iya, makanya Ibu sampaikan begitu. Bukan memuji tapi memang benar. Esok Ibu ajak ke pasar, ya.”
Hari Minggu telah tiba. Udara segar pagi itu membuat Putri tak sabar melihat Dimas.
“Wah, Bu Wani cepat sekali,” sapa Ibu Dimas dengan ramah. Bu Wani pun memilih sayuran segar. Putri heran dan terkejut apa yang dilakukan oleh Dimas. Ternyata Putri percaya. Ia langsung meminta maaf kepada Dimas.
“Jadi ini alasan kamu, Dim. Aku baru tahu. Maafkan aku, ya. Aku akan membantumu agar enggak terlambat lagi,” kata Putri.
“Kamu enggak perlu minta maaf. Seharusnya, aku yang minta maaf. Aku sudah cuekin kamu. Memang aku merahasiakannya. Aku enggak mau teman lain tahu. Aku berjualan di pasar.”
“Kamu salah, Dim. Semua teman pasti bangga melihat kamu. Ternyata kamu anak yang rajin,” ucap Putri bangga.
“Wah, wah, anak Ibu sudah akrab kembali.” kata Ibu Putri dengan senang.
“Ini Nak Putri, ya teman sekelas Dimas. Iya, Dimas cerita ia sering terlambat. Habisnya, Dimas menunda-nunda waktu terus. Padahal Ibu sudah suruh cepat.”
Dimas tertawa. Pertanda ia mengaku kesalahannya. Ia sering sekali menunda perkataan Ibunya. Ia berjanji akan berangkat tanpa di suruh.
Senin pagi, Putri bangun cepat sekali. Ia bergegas menuju pasar tempat Dimas berjualan.
“Bu, aku pergi ya. Aku mau jemput Dimas biar enggak terlambat.” seru Putri dengan semangat. Ia pun mengayuh sepedanya dengan cepat.
“Dimas, yuk kita berangkat,” ajak Putri. Semenjak itu Dimas sangat menghargai waktu. Dengan terbiasanya Putri menjemput selama seminggu, akhirnya Dimas jadi terbiasa dan belajar menghargai waktu. Meski membantu Ibunya, ia pun belajar displin dengan waktu. Akhirnya Dimas jadi tak pernah terlambat dari sekolahnya itu.
***

Kedaulatan Rakyat, 24 Oktober 2017 

No comments:

ASYIK DI RUMAH, NGAPAIN AJA YA?

4 KEGIATAN ASYIK DI RUMAH DAN BERBAGI CERITA S udah dua bulan aktivitas dilakukan di rumah. Belajar, bekerja dan beribadah. ...